Thursday, July 19, 2018

Belajar Dari Kang Kamil, BPR Melawan Rentenir

Ridwan Kamil mengungkapkan peran Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sangat dibutuhkan oleh masyarakat kelas bawah, karena banyak masyarakat kelas bawah masih bergantung pada rentenir. Ujung-ujungnya tercekik bunga yang tinggi.
Melihat itu, Ridwan Kamil menghimbau BPR agar tidak mau kalah dengan rentenir. Kalau bisa BPR “tiru” rentenir. Tiru yang dimaksud adalah dalam hal kemudahan kelas bawah menerima pinjaman.
Ia beranggapan, saat ini masyarakat kelas bawah sudah terintimidasi saat masuk bank, karena merasa tidak percaya diri. Sehingga rentenir menjadi alternatif untuk meminjam uang. “Kalau bisa tiru rentenir, beri kemudahan masyarakat kelas bawah,” kata Ridwan Kamil di acara Penganugerahan TOP 100 BPR The Finance di Jakarta, Jumat, 29 Juni 2018.
Lelaki yang akrab disapa kang Emil pun bercerita, dirinya berhasil membebaskan 16 ribu nasabah dari rentenir dengan masuk ke BPR Kota Bandung. Syaratnya mudah, hanya dengan membuka rekening di BPR Kota Bandung.
Adapun strategi yang dilakukan hanya dengan meluncurkan beberapa produk yang dapat mempermudah masyarakat kelas bawah dalam mendapat pinjaman. Salah satunya Kredit Mesra (Kredit Masjid Sejahtera). Dengan produk ini, masyarakat yang butuh pendanaan hanya perlu datang ke pengkolan masjid. Selain itu ada produk Melati (Melaju Melawan Rentenir) dan kredit Bagja (Bangunan Keluarga Sejahtera). 
http://infobanknews.com/kang-emil-minta-bpr-tiru-rentenir/

No comments:

Post a Comment